Rabu, 24 September 2014

artiket tentang tips dan trik PATI

Tips dan trik 


Berikut ini saya akan membeberkan beberapa tips dan trik dalam berbagai konten yang saya dapatkan selama pelatihan aplinet di UMM :


1. Tips Trik dalam berkirim surel
Dalam berkirim surel atau surat elektronik, terdapat beberapa pilihan pada header diantaranya : kepada, CC dan BCC, serta subject.
CC atau BCC adalah sebuah fasilitas email untuk menyertakan email orang ketiga. CC (Copy Carbon) adalah fasilitas email dimana orang ketiga yang disertakan dapat melihat isi email serta orang yang menyertakannya dalam kiriman tersebut. Sedangkan BCC (Blind Copy Carbon) adalah fasilitas email dimana orang ketika yang disertakan dalam kiriman tersebut tidak mengetahui siapa yang menyertakannya dalam kiriman tersebut. Jadi disarankan bagi para pembaca, jika berkirim surel yang bersifat privasi sebaiknya tidak menyertakan CC, jika harus menyertakan alamat email pihak ketiga maka gunakanlah BCC.

2. Tips Trik Mendaftar berbagai akun di internet.
Internet menawarkan berbagai macam fasilitas yang sangat berguna seperti sosial media ( facebook, Twitter, dll), email (gmail, ymail, dll), situs-situs berbagi pakai (4shared.com, Ziddu.com, dll). Dalam mendaftar berbagai macam akun tersebut, disarankan pada para pengguna untuk tidak menggunakan/mencampuradukkan akun email yang satu dengan yang lainnya. Karena selain mengganggu satu dengan yang lainnya, akun anda pun akan sangat mudah diretas karena memiliki 1 akun induk yang sama. Ketika akun induk anda sudah diretas, maka akan sangat mudah meretas akun-akun anda yang lain.

3. Tips Trik Surfing di tempat umum
Karena keterbatasan fasilitas untuk mengakses internet, beberapa dari kita sering berkunjung ke warung internet atau warnet untuk mengakses internet entah itu bersifat privasi maupun umum. Ketika mengakses inetrnet dengan fasilitas yang bukan milik sendiri seperti warnet, kita haruslah berhati-hati demi kerahasiaan data serta privasi kita. Beberapa hal yang harus kita lakukan untuk menghindari niat-niat jahat seperti peretasan adalah sebagai berikut:
Pastikan bahwa fasilitas tempat anda browsing tidak ditanami software pembajak akun serta pasword seperti keylogger. Hal ini bisa kita lakukan dengan memeriksanya pada menu start - control panel - add or remove programe kenudian cek apakah disana ada softwere keyloggernya, jika ada maka sebaiknya di uninstal terlebih dahulu sebelum browsing.

4. Tips Trik Dalam membuat blog
Blog adalah sarana interpretasi diri yang dapat kita atur sesuai tujuan pembuatannya. Untuk membuat blog kita menarik untuk dibaca, hendaklah kita menghiasinya dengan berbagai macam fasilitas yang ada pada template serta widgetnya. Selain itu kita juga harus menerapkan Nettique atau etika berinternet. Kita juga harus memperhatikan posting-posting kita. Posting-posting ini haruslah berisi hal-hal menarik terupdate yang sesuai dengan judul blog.

5. Tips Trik Akses internet
Dalam mengakses internet, kita sering mendapati koneksi yang lambat. Hal ini bisa diakibatkan beberapa kemungkinan seperti koneksi yang memang lambat atau server yang sedang diakses oleh banyak orang dalam wktu bersamaan. Untuk kejadian yang kedua, disarankan unruk mengakses situs tersebut pada jam-jam yang kira-kira tidak banyak orang mengaksesnya seperti pada tengah malam, dini hari atau pada jam-jam sibuk.

6. Tips Trik membuat Blog di Wordpress
Wordpress adalah salah satu penyedia layanan blog gratis. Wordpress tidak seperti fasilitas bloger lainnya. Wordpress sangat protektif dan sangat memperhatikan Nettique dalam setiap posting blogernya. Jika menyalahi aturan Nettique, maka akun blogger terkait akan di blokir atau Suspended dengan sendirinya. Untuk menghindari hal tersebut, disarankan kepada para blogger untuk memperhatikan nettique dalam setiap postingnya seperti : Menampilkan referensi dari konten yang di copynya, tidak meng-copy konten secara penuh, memeriksa email konfirmasi pada akun email yang dipakai mendaftar blog, tidak sara dan tidak mengandung pornografi. Jika kejadian ini terlanjur terjadi, maka disarankan bagi para bloger untuk memperbaiki blognya dengan cara menghilangkan hal-hal yang melanggar nettique tersebut.

Tidak Bisa kita pungkiri bahwa setiap orang memakai teknologi dalam setiap aktivitas sehari-harinya. Hal ini menuntut teknologi untuk terus berkembang mengikuti kebutuhan manusia. Hal ini juga yang mengharuskan manusia untuk selalu update pengetahuannya tentang teknologi-teknologi terbaru serta tips dan trik yang memudahkan kita dalam melakukan sesuatu dengan teknologi yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar